Cara Membersihkan CPU Dan Penting Dilakukan Bagi Komputer Anda

Cara Membersihkan CPU Komputer - Panas adalah musuh utama komputer. Hanya karena suhu yang tinggi, komputer Anda tidak dapat berfungsi secara maksimal atau bahkan menjadi rusak. 
 
Penyebab paling umum yang menyebabkan overheating adalah debu yang menumpuk. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membersihkan komputer secara teratur.

Berikut Ini Cara Mudah Membersihkan CPU Komputer

Perawatan PC secara rutin dapat berpengaruh signifikan terhadap umur PC itu sendiri, tidak hanya debu dan kotoran yang akan selalu bertambah pada casing PC yang perlu dibersihkan tetapi beberapa bagian mekanis yang juga perlu dilumasi dengan pelumas. 
 

Terutama pada PC yang digunakan di perkantoran, warnet, dan tempat lain yang membutuhkan PC untuk bekerja terus menerus. Berikut Tips Membersihkan CPU pada komputer Anda:

Memutus Arus Listrik

Lepaskan semua kabel yang terhubung ke sumber listrik dan periferal lainnya, seperti keyboard, mouse, monitor, dan printer. Pastikan tidak ada lagi kabel yang masuk ke CPU.

Bersihkan Power Supply Unit (PSU)

Power Supply yang kotor karena debu bisa membuat suhu di Power Supply melambung tinggi, apalagi jika kipas di dalam PSU bergerak lambat karena kotor oleh debu dan tidak terlumasi dengan baik. 
 
Lepas kabel PSU yang masuk ke Mainboard, lepas baut yang mengikat PSU ke Casing, Ketika masa garansi PSU Anda telah berakhir maka jangan ragu untuk membuka penutup PSU, langkah ini akan memudahkan Anda untuk membersihkannya.
 
PSU, bersihkan semua debu dengan sikat lembut kecil dan tiup dengan kompresor tekanan rendah atau dengan blower. Semprotkan fan bearing dengan WD40, teteskan minyak pelumas pada fan bearing. Pasang kembali penutup bodi PSU.

Bersihkan Ram, Harddisk, CD ROM

Lepaskan semua komponen dari dudukannya. Bersihkan debu yang menempel pada permukaan komponen tersebut. Khusus untuk RAM perhatikan kaki konektor yang berwarna keemasan, jika warna kaki terlihat kurang mengkilat bersihkan dengan penghapus pensil dan lihat hasilnya maka kaki konektor RAM akan mengkilat, kondisi ini akan meningkatkan kualitas transmisi antara RAM dan Mainboard.

Bersihkan Mainboard

Sepertinya yang tertinggal di casing mungkin hanya mainboard. Lepas semua baut yang mengikat Mainboard ke Casing, lakukan dengan hati-hati agar mata obeng tidak merusak mainboard. 
 
Bersihkan Mainboard dari debu yang menempel dengan sikat secara perlahan dan hati-hati. Perhatikan slot konektor seperti slot untuk RAM, PCI, PCI-ex dan lainnya, pastikan tidak ada debu yang menyelinap di slot tersebut. Bersihkan juga permukaan belakang mainboard.

Bersihkan Heatsink Procesor

Bagian ini adalah bagian yang sangat berisiko. Lepaskan Heatsink dengan Mainboard. Angkat perlahan heatsink dari dudukannya, biasanya Thermal paste di bawah heatsink akan menempel erat pada prosesor, jika sulit untuk mengangkat heatsink dari dudukannya, lakukan dengan memutar-mutar heatsink secara perlahan. 
 
Setelah melepas unit pendingin, bersihkan kipas dari debu dan lumasi bantalan kipas seperlunya. Bersihkan sisa-sisa Thermal paste pada permukaan Heatsink.

Bersihkan Procesor

Lepaskan prosesor dari dudukannya, bersihkan sisa pasta termal yang menempel, dan pastikan tidak ada debu yang mengendap di dudukan prosesor.

Bersihkan Casing

Setelah tidak ada lagi periferal yang tertinggal di dalam casing, bersihkan seluruh bagian casing dari debu, bila perlu gunakan cairan pembersih serbaguna yang banyak tersedia di convenience store.

Merakit Kembali

Setelah semua bersih, pasang kembali semua komponen. Mulai dari pemasangan processor, beri thermal paste secukupnya, jangan terlalu banyak, pastikan seluruh permukaan processor tertutup tipis oleh thermal paste. Lanjutkan memasang semua komponen dalam urutan terbalik saat membongkarnya.

Running Test

Nyalakan PC dan perhatikan proses yang berjalan, pantau suhu prosesor dan pastikan semua kipas berfungsi. Selamat mempraktekannya.

Demikian penjelasan singkat yang bisa saya bagikan khususnya bagi Anda yang pusing bagaimana Tips atau Cara Membersihkan CPU dan sangan penting di lakukan pada komputer Anda semoga bermanfaat, terimakasih.

Post a Comment for "Cara Membersihkan CPU Dan Penting Dilakukan Bagi Komputer Anda"