Tips Memilih Laptop Untuk Editing Video, Pahami ini!

Tips Memilih Laptop Untuk Editing Video - Memilih laptop untuk mengedit video bukanlah hal yang mudah. Karena jika salah beli bisa mengganggu pekerjaan yang sedang berlangsung. 
 
Lalu faktor apa saja yang perlu diperhatikan? Satu hal yang pasti, karena modifikasi video adalah tugas yang sulit, tentu saja, kita membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi. Berikut dibawah ini Tips Rahasia Memilih Laptop untuk Editing Video dengan benar.

Tips Memilih Laptop untuk Editing Video

Laptop Gaming Atau Mainstream?

Belakangan ini banyak sekali laptop premium atau ultra-thin mainstream dengan bodi yang ringkas, tipis, dan ringan namun cukup bertenaga di kisaran harga Rp 10-20 jutaan. 
 
Meski begitu, anda harus menekankan bahwa laptop ultra tipis tidak cocok untuk mengedit video. Maksudnya masih bisa untuk edit video, tapi kurang nyaman dan kurang maksimal. Mengapa?

Karena prosesor yang digunakan adalah versi hemat daya atau biasanya seri U (ultra-low power). Sementara permainan laptop, bahkan jika tubuhnya relatif besar dan tebal, ia menggunakan seri H atau prosesor kinerja tinggi. 
 
Selain itu, laptop gaming juga memiliki sistem pendinginan yang lebih baik sehingga lebih tangguh saat diminta melakukan pekerjaan berat.

Intel Atau AMD

Pertanyaan selanjutnya yang sering ditanyakan saat membeli laptop adalah laptop mana yang lebih baik dengan prosesor Intel atau AMD. Dari segi performa, bisa dibilang prosesor AMD bisa bersaing dengan Intel. Saat ini, prosesor Intel Core selalu mendominasi, tetapi penggunaan AMD Ryzen prosesor juga meningkat dengan cepat.  

Nah yang lebih penting pastikan kamu membeli laptop dengan prosesor terbaru, artinya antara Intel Core H-Series Generasi ke-10 dan AMD Ryzen 4000 H-Series. Karena dibandingkan dengan generasi sebelumnya, perbedaan performanya cukup signifikan, Jika budget benar-benar terbatas, Intel Core i5 dan AMD Ryzen 5 masih cukup mumpuni dalam menangani aktivitas video editing. 
 
Namun, untuk kenyamanan jangka panjang dan efisiensi kerja, Anda harus segera mengalahkan Intel Core i7 dan AMD Ryzen 7. Sedangkan untuk GPU, kisaran harga Rp 10-20 jutaan biasanya tidak jauh dari NVIDIA GeForce GTX 1650Ti. 

Lebih tinggi dari ini lebih baik, tapi biasanya harganya juga lebih mahal. Pastikan juga penyimpanan yang digunakan berbasis SSD, dan untuk ukuran RAM saya menemukan pergeseran standar dari 8GB menjadi 16GB dan untuk maksimal pastikan konfigurasinya adalah dual-channel.

Layar

Kebutuhan gamer dan pembuat konten video berbeda, laptop gaming didesain untuk gaming dan mengutamakan panel dengan refresh rate yang tinggi. Sementara itu, yang dibutuhkan pembuat konten video adalah akurasi warna yang tinggi.

RAM

Untuk kenyamanan lebih dalam pekerjaan itu, RAM minimum yang diperlukan adalah 8 GB. Jika ingin performa maksimal maka pilih atau upgrade RAM menjadi 16GB. Kapasitas RAM yang besar akan membuat pekerjaan Anda lebih lancar dan Anda dapat melakukan pekerjaan lain secara bersamaan.

Penyimpanan

Untuk kinerja yang lebih baik, pilih penyimpanan berbasis SSD. Penyimpanan SSD lebih cepat dalam transfer data, boot, melanjutkan, atau membuka perangkat lunak pengeditan. SSD juga mudah dibawa dan aman dari guncangan karena risiko kerusakan yang rendah.

GPU

GPU (Graphic Processing Unit) adalah komponen penting untuk mengoptimalkan kemampuan visual saat mengubah video, gambar, atau foto. VGA Card memiliki efek jika Anda bekerja pada video editing. Semakin tinggi kelas GPU, semakin cepat proses renderingnya.

Sistem Pendingin

Sistem pendingin yang baik akan membuat laptop selalu bekerja secara optimal bahkan jika Anda harus bekerja keras. Mengubah laptop biasanya memiliki spesifikasi perangkat keras yang lebih baik dan memiliki sistem pendingin berkualitas baik sehingga tidak mengganggu pekerjaan. 
 
Ukuran dan Resolusi Layar. Pilih laptop dengan ukuran dan resolusi terbaik agar nyaman karena Anda akan menghabiskan waktu menatap layar dalam waktu lama.
 
Jadi cukup mudah bukan mengenai Tips Memilih Laptop Untuk Editing Video, Khusus bagi Anda para konten kreator harusnya bisa memahami cara memilih spek laptop atau pc untuk editing. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Memilih Laptop Untuk Editing Video, Pahami ini!"