Berikut 4 Jenis Sidebar Website, Bisa Jadi Inspirasi Anda!

KODETEKNO.COM - Jenis sidebar website terdapat banyak sekali, di mana setiap jenisnya mempunyai fungsi dan peran tersendiri. Sidebar merupakan salah satu komponen penting ketika Anda akan membuat website.

Meskipun keberadaan sidebar tidak wajib pada setiap website, akan tetapi jika Anda memanfaatkan dengan maksimal, justru akan membantu meningkatkan nilai website Anda.

Mungkin sebagian orang masih berpikir jika sidebar merupakan komponen yang berisi informasi tambahan situs saja. Padahal lebih dari itu, karena Anda bisa mengatur sidebar sesuai dengan kebutuhan.

Apa Itu Sidebar Dan Kegunaannya?


Dalam mendesain website layout, sidebar merupakan komponen penting untuk Anda pikirkan. Artikel kali ini akan memberikan informasi berbagai jenis dari sidebar pada website yang perlu Anda ketahui.

Berikut Ini Merupakan Jenis Sidebar Website

Jenis sidebar website bukan hanya dua atau tiga saja, melainkan lebih dari itu, lho. Sidebar website sendiri merupakan sebuah kolom atau area berada di kanan atau kiri konten utama.

Elemen tersebut bukan hanya sebatas informasi pendukung, melainkan juga bisa terdiri dari menu utama yakni, widget hingga navigasi ke halaman lain.

Ya, semakin berkembangnya trend web design, peletakan sidebar juga bervariasi, di sisi kiri atau kanan website tergantung pada desain serta fungsionalitasnya. Asalkan Anda bisa mengatasinya dengan menarik, maka ini sudah bisa menjamin nilai website Anda di mata pengunjung akan semakin meningkat.
Berikut jenis-jenis sidebar dalam website:

1. Testimoni Pelanggan

Sidebar website pertama yakni testimoni pelanggan. Testimoni atau review dari para pelanggan merupakan hal penting bagi sebuah bisnis. Apabila website Anda merupakan website business yang menjual produk, Anda bisa tambahkan hasil testimoni dari para pelanggan.

Jadi nantinya Anda bisa menambahkan informasi lain guna lebih meyakinkan calon pelanggan seperti nama pelanggan, media sosial mereka, atau bahkan gambar profil.

2. Breadcrumb Website

Sidebar sebagai tempat strategis guna meletakkan breadcrumb. Breadcrumb merupakan elemen dalam website yang mempunyai fungsi menunjukan lokasi halaman website yang sedang pengunjung akses.

Kenapa jenis sidebar ini cocok untuk breadcrumb? Karena, area kiri dan kanan cukup mudah dilihat. Jadi dengan demikian, pengunjung bisa langsung menemukannya serta mengetahui lokasi halaman yang sedang mereka kunjungi. Jadi web akan lebih informatif dan mudah dijelajahi.

Kelebihan lainnya, breadcrumb yang biasa seringkali tenggelam ketika pengunjung scroll. Oleh sebab itu, jenis sidebar ini biasanya berada pada bagian atas halaman. Nah, dengan sidebar sebagai breadcrumb, masalah ini bisa Anda teratasi.

Caranya, buatlah breadcrumb sebagai sticky sidebar. Jadi area akan tetap terlihat meski para pengunjung scroll. Gunakan juga warna yang menarik dan mencolok guna menunjukkan halaman yang sedang disease.

3. Progressbar

Anda ingin mempunyai website dengan tampilan full screen, sederhana, namun tetap bisa menyampaikan informasi atau pesannya? Solusinya, yakni menggunakan sidebar progres bar. Jadi dengan sidebar jenis ini, halaman website Anda akan terlihat lebih luas.

Progres bar bisa diletakan di pinggir kiri atau kanan dalam bentuk dots yang merujuk ke setiap halaman. Jenis sidebar progress bar pada umumnya lebih cocok diterapkan pada web yang tidak kompleks, contohnya web portofolio.

4. Newsletter

Sidebar website terakhir yakni guna menambahkan tombol berlangganan atau newsletter. Setelah membaca mengunjungi website Anda, kemudian hari tentu Anda ingin mereka datang lagi.

Jadi, untuk mengajak mereka agar mau kembali ke website Anda. Anda bisa menawarkan opsi berlangganan atau newsletter. Sehingga pada saat update terkait website, secara otomatis akan masuk pada Email mereka.

4 jenis sidebar website di atas bisa jadi referensi untuk Anda agar website makin meningkatkan banyak pengunjung pembaca. Tapi, ingat setiap jenis sidebar tersebut mempunyai fungsi sendiri-sendiri.

Post a Comment for "Berikut 4 Jenis Sidebar Website, Bisa Jadi Inspirasi Anda!"