Manfaat Cek Backlink Kompetitor dan Rekomendasi Alatnya

KODETEKNO - Salah satu faktor yang mempengaruhi tampilan website anda di halaman pertama mesin pencari adalah backlink, yaitu link ke website anda yang dipasang di media atau website lain.
 
Sayangnya, tidak jarang anda melihat website milik pesaing anda juga muncul di halaman pertama disebuah mesin pencari.

Cara Cek Backlink Kompetitor dan Rekomendasi Alatnya


Kemunculan mereka di mesin pencari tentunya didukung dengan penggunaan backlink yang sesuai dan tepat. Tidak perlu khawatir, karena anda bisa mengetahui cara melihat backlink pesaing anda dengan menggunakan sebuah alat, baik yang gratis maupun juga yang berbayar. 
 
Berikut Manfaat Cek Backlink Kompetitor dan Rekomendasi Alatnya.

1. Menentukan Strategi Atm

Salah satu keuntungan menggunakan backlink tool sebagai sarana pengecekan backlink website adalah memudahkan Anda dalam menentukan strategi berdasarkan metode ATM (Amati, Salin dan Ubah). ATM merupakan strategi paling umum dalam persaingan bisnis online dan offline.

Menariknya, strategi ini bisa Anda gunakan untuk optimasi website di search engine, apalagi setelah Anda mengetahui jenis backlink milik website kompetitor. Dengan mengecek backlink website kompetitor, Anda akan mendapatkan referensi dan informasi bagaimana kompetitor melakukan backlink building.

2. Mengantisipasi Peringkat Halaman

Menerapkan cara cek backlink website kompetitor merupakan langkah yang bisa membantu Anda mengetahui keyword apa yang sedang diincar kompetitor. Perlu Anda ketahui, posisi kata kunci di mesin pencari tidak stagnan.
 
Sebagus apapun metrik website dan strategi SEO yang telah dilakukan, suatu saat pasti akan tergeser dari mesin pencari jika ada kompetitor yang melakukan metode optimasi lebih baik.
 
Nah, dengan mengecek backlink website kompetitor, akan menjadi penanda alarm apakah kompetitor aktif mengoptimalkan atau masih nyaman dengan posisinya yang ada.

3. Menganalisis Outranking Situs Web Lain

Outranking adalah strategi untuk menggeser posisi atau page rank website pesaing di SERP, karena selain mengantisipasi ancaman dari website lain, Anda juga harus bisa menyusun strategi untuk menggeser posisi Anda di halaman pertama mesin pencari. 
 
Cara yang perlu dilakukan adalah menganalisis kekuatan backlink, konten, hingga struktur website yang digunakan.

Misalnya setelah dilakukan pengecekan backlink, website kompetitor berhasil menduduki posisi pertama dengan dukungan 10 backlink.
 
Jadi langkah Anda, Anda harus memiliki lebih banyak suntikan backlink atau setidaknya sama jika Anda ingin merebut posisi itu. Ini adalah salah satu contoh deskripsi paling sederhana tentang strategi pengoptimalan situs web di mesin pencari.

Berikut 3 Rekomendasi Alat Pemeriksa Backlink

1. Ahrefs

Alat Ahrefs paling populer di kalangan perusahaan yang mencari alat, atau cara memeriksa tautan balik berkualitas tinggi. Ahrefs menyediakan banyak data yang dapat membantu Anda mengelola atau mendapatkan backlink.
 
Cara cek backlink cukup dengan memasukkan URL website ke kolom yang disediakan. Maka secara otomatis Anda akan menerima informasi tentang backlink dari situs lain. Anda juga dapat memasukkan URL situs pesaing untuk mengukur kekuatan pesaing.

2. Ubersuggest

Backlink Ubersuggest adalah alat pengecekan backlink gratis yang dikelola oleh Neil Patel. Ini merupakan alat yang sangat membantu dalam bisnis jika Anda mencari alat yang efisien dan juga tidak menguras kantong Anda tersebut.

3. DA PA SmallSEOtools

Periksa DA PA di SmallSEOTools. DA PA kini bisa menjadi standar untuk menentukan kualitas sebuah website blog. Semakin tinggi nilainya, semakin baik kualitas sebuah situs web. DA dan PA adalah alternatif lain yang dapat menggantikan PageRank sebagai metrik untuk menentukan kualitas.
 
Domain Authority atau yang biasa disebut DA merupakan pedoman yang dibuat oleh search engine untuk menentukan ranking sebuah website atau blog. Semakin tinggi peringkat DA, semakin baik peluang bersaing di mesin pencari Google.

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini mengenai ulasan Manfaat Cek Backlink Kompetitor dan Rekomendasi Alatnya. semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat Cek Backlink Kompetitor dan Rekomendasi Alatnya"