Cara Mengatasi Suara Tv Yang Hilang Dengan Mudah


Kerusakan pada TV, tidak ada suara tapi gambar normal sering terjadi di hampir semua model televisi, baik itu LED, LCD atau tabung. 
 
Memperbaiki suara TV yang tiba-tiba menghilang umumnya cukup mudah, tetapi dalam beberapa kasus Anda mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk mencari tahu penyebabnya.

Hal ini bisa terjadi karena ada komponen yang bermasalah, baik pada speaker itu sendiri atau bahkan IC audio yang perlu diganti. 
 
Namun, selain dua penyebab umum tersebut, masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan Suara TV hilang. Berikut pembahasan Lengkapnya.

Berikut Cara Mengatasi Suara TV Yang Menghilang

Penyebab Suara Tv Yang Hilang

Ada beberapa penyebab suara TV hilang yang harus Anda ketahui dan untuk memperbaiki kerusakan ini atau Cara Mengatasi Suara Tv Yang Hilang dengan mudah. Adalah sebagai berikut:
  • Fitur Bisu Aktif

Pada remote TV terdapat satu tombol yang berfungsi untuk menurunkan volume menjadi 0 (nol), yaitu tombol Mute. Terkadang tombol ini tidak sengaja ditekan dan suara TV otomatis hilang tetapi gambar tetap normal.
  • Speaker Tv Rusak

Dalam beberapa kasus, TV LED dan tabung sering menemukan kerusakan pada speaker TV, baik itu konektor kabel yang putus atau kabel yang bergelung di dalam speaker. 
 
Sebenarnya kerusakan speaker TV jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin jika speaker justru rusak dan menjadi penyebab utama terjadinya TV tidak ada suara yang keluar.
 
Setelah memahami penyebab di atas, sekarang saatnya untuk memperbaiki crash dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Pastikan Mode Bisu Mati

Terdapat banyak tombol pada remote TV, ada satu tombol yang berfungsi untuk meredam suara yaitu tombol “Mute”. Jika tombol ini tidak sengaja ditekan, suara TV akan hilang secara otomatis. Selain itu, jika tombol ini aktif, ikon speaker di seluruh suara TV akan menghilang di sudut bawah layar TV. Untuk menonaktifkannya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol mute atau volume + pada remote TV.

Periksa Kondisi Speaker

Speaker pada TV bekerja dengan mengubah gelombang elektronik menjadi getaran yang pada akhirnya dapat menghasilkan suara pada TV itu sendiri.

Speaker tv ini memang jarang mengalami kerusakan terutama pada TV yang menggunakan dua speaker. Tetapi Anda tidak boleh melewatkan ini saat memeriksa. 
 
Disarankan untuk mengukur setiap speaker dengan multitester untuk mengetahui apakah kondisinya masih bagus atau speakernya rusak.

Periksa Tegangan Saluran Audio

TV tidak ada suara juga bisa disebabkan oleh jalur tegangan IC audio yang putus. Saluran ini perlu diperiksa karena berfungsi untuk mensuplai tegangan ke audio. 
 
Secara umum tegangan IC audio yang masih dalam kondisi normal berkisar antara 12-15 volt arus DC, jadi jika kurang dari itu kemungkinan besar kerusakan ada pada IC Audio. Tips ini bisa dicoba di TV tabung dan LED.

Atur Ulang Pengaturan Suara

Beberapa merek TV LED dilengkapi dengan menu yang memungkinkan Anda untuk mengatur ulang pengaturan suara ke versi pabrik. 
 
Menu ini ada di opsi Suara, Anda dapat membukanya menggunakan remote. Setelah pengaturan ulang selesai, pengaturan suara seperti equalizer, keseimbangan suara, volume otomatis, penundaan audio, dan umpan balik suara perlu disesuaikan kembali.

Matikan Dan Cabut Steker

Jika masalahnya melibatkan salah satu perangkat Anda yang terhubung, periksalah pengaturan audionya. Matikan dan cabut stekernya selama 10 detik lalu pasang kabelnya dan hidupkan. 
 
Instal pembaruan perangkat lunak yang tersedia jika Anda masih tidak mendengar suaranya, lalu sambungkan perangkat ke TV lain atau lakukan reset pabrik.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Suara Tv Yang Hilang Dengan Mudah"